Jumat, 29 Mei 2009

Dosen Perlu Dibekali Teori Metodologi


Para dosen perlu dibekali berbagai teori-teori ilmiah dan metodologi penelitian serta pengetahuan lain yang berkaitan dengan penelitian. Ini karena keberadaan dosen sebagai sebagai tenaga peneliti cukup penting dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Sebagai suatu kegiatan ilmiah, penelitian merupakan tugas pokok dosen atau peneliti untuk melakukannya," kata Ketua Pusat Penelitian IAIN Raden Intan, Abdul Syukur, di sela-sela diklat penelitian bagi dosen IAIN Raden Intan di kampus setempat, Kamis (14-5).
Menurut dia, kualitas dan kuantitas penelitian sangat ditentukan oleh kemampuan peneliti. Itu sebabnya dosen perlu dibekali kemampuan penelitian yang memadai.
Dalam kaitan itu pula, pihaknya menganggap perlu upaya sistematis dan terencana untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan, serta keterampilan dosen/peneliti pada teori-teori ilmiah dan metodologi penelitian lapangan yang berbasis ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
Dari upaya ini pada gilirannya akan muncul peneliti-peneliti profesional yang mampu berkompetitif, terutama dalam mendapatkan bantuan dana penelitian kompetitif/hibah bersaing Departemen Agama RI, RUT dan RUKK dari LIPI, dan RUK dari BPPT.
"Salah satu upaya tersebut ya diklat seperti ini," ujarnya. Dari diklat tersebut diharapkan terjaring tenaga-tenaga peneliti yang mampu melakukan kegiatan penelitian berskala nasional, regional, dan internasional.
Selain itu, meningkatnya wawasan, keterampilan, prospektif, dan metodologi penelitian yang dimensional sehingga peserta lebih kritis dan peka pada upaya-upaya perubahan paradigma penelitian.
Secara umum, kata Abdul, diklat ini bertujuan memotivasi peserta menjadi tenaga peneliti yang mampu melakukan kegiatan penelitian berskala nasional.
Selain itu, meningkatkan kemampuan mengakses informasi di era global dan otonomi daerah sehingga dalam kegiatan penelitian dapat menangkap peluang-peluang penelitian berskala nasional, regional, dan internasional. n HES/S-1 (15 Mei 2009)

Sumber :
http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2009051506225925

Tidak ada komentar:

Posting Komentar